Kamis, 14 Februari 2013

Pramuka Harus Terhindar dari Arus Global

Perkembangan zaman dan arus globalisasi di seluruh dunia banyak mempengaruhi tata kehidupan dalam bermasyarakat. Kondisi serupa juga terjadi pada gerakan Pramuka yang kian berkurang peminat dan terus mengalami penurunan dalam beberapa dasawarsa terakhir.

"Kita menyadari, dunia semakin sempit dan mengglobal. Batas-batas jarak semakin dekat dan setiap perkembangan di belahan bumi lain dengan mudah dapat kita dengar, kita baca dan kita lihat," kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

SBY menyampaikan hal ini saat memberi sambutan dalam upacara peringatan HUT Pramuka ke-51 di di Lapangan Gajah Mada, Kompleks Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, Senin (3/9).



Di tengah arus itu, gerakan Pramuka menjadi cara untuk membentengi diri sekaligus menciptakan peluang bagi bangsa dan negara. Maka, perlu upaya dan kerja keras untuk menjadikannya sebagai solusi dalam menghadapi masalah oleh pelajar, sekolah, masyarakat maupun lingkungan.

"Gerakan Pramuka juga perlu terus ditingkatkan untuk mengasah ketrampilan, inovasi, penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, agar generasi kita kini dan mendatang memiliki daya saing yang tinggi. Gerakan Pramuka juga harus terus dipupuk sebagai wadah bagi pembentukan nasionalisme dan patriotisme kita," lanjut SBY.

Pemerintah juga telah berusaha melakukan tranformasi dengan membuat peta jalan untuk menguatkan dan mengakselerasi organisasi dalam 4 pondasi.

Pondasi-pondasi itu antara lain, tumbuhnya sikap cinta tanah air, terpupuknya solidaritas kemanusiaan, terbentuknya budaya (culture) kepramukaan dan terpatrinya budaya ke-Indonesiaan yang warna-warni, berbeda-beda.

"Kita ingin, pendidikan kepramukaan tidak tergerus oleh zaman, tetap berperan besar dalam mencetak generasi muda yang unggul, berkarakter, berilmu, berbudi pekerti, dan mencintai alam," paparnya.

Sumber : http://www.merdeka.com/peristiwa/sby-pramuka-jangan-sampai-tergerus-zaman.html

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates | Affiliate Network Reviews